SDI At-Taqwa Siap Melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer - SDI AT-TAQWA %anbk SDI At-Taqwa Siap Melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer
SEKILAS INFO
23-10-2021
  • 11 bulan yang lalu / SD Islam At Taqwa Pamulang menerima Pendaftaran Peserta Didik Baru dan Pindahan Tahun Pelajaran 2022-2023
  • 1 tahun yang lalu / Selamat datang di Website Resmi Sekolah Dasar Islam (SDI) At Taqwa Pamulang Tangerang Selatan
  • 4 tahun yang lalu / Menuju Generasi Cerdas dan berakhlak mulia
31
Agu 2021
0
SDI At-Taqwa Siap Melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer

SD Islam At Taqwa Pamulang telah melaksanakan simulasi pertama pada tanggal 31 Agustus 2021. yang diikuti oleh 30 peserta didik utama dan 5 jadangan. Pemilihan peserta didik tersebut di pilih secara acak.

Kesiapan Perangkat ANBK SDI

terdapat 15 perangkat yang disiapkan untuk AN tahun ini yang berlokasi di laboratorium SD Islam At Taqwa.

Moda yang dipilih untuk pelaksanaan ANBK yaitu menggunakan moda daring.

ANBK atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid.

Hasil dan Tujuan ANBK

Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau :

(a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan

(b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu).

Program ini bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid.

Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

Tiga Instrumen ANBK

Asesmen Nasional terdiri dari tiga instrumen, yaitu:

  1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid.
  2. Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid
  3. Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Mengukur Kemampuan Literasi dan Numerasi

  • Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.
  • Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Bentuk soal Asesmen Nasional

  • Pilihan ganda
  • Pilihan Ganda Kompleks
  • Menjodohkan
  • Isian Singkat
  • Uraian

link resmi https://anbk.kemdikbud.go.id/#home

Visitor

0038980
Hari ini : 44
Total Kunjungan : 38980
Hits Hari ini : 110
Total Hits : 102767
Who's Online : 2
Alamat IP anda: 103.105.34.117