SEKILAS INFO
24-07-2024
  • 2 minggu yang lalu / Selamat tahun baru Islam 1 Muharam 1446 H
  • 3 tahun yang lalu / SD Islam At Taqwa Pamulang menerima Pendaftaran Peserta Didik Baru dan Pindahan
  • 4 tahun yang lalu / Selamat datang di Website Resmi Sekolah Dasar Islam (SDI) At Taqwa Pamulang Tangerang Selatan
20
Jan 2021
0
Cara Impor Masal Anggota Perpustakaan di Slims 9 Bulian 100% Work

Pada postingan kali ini saya adalah pengguna baru yang sedang belajar menggunakan aplikasi perpustakaan berbasis website namanya Senayan Library Management System (SLiMS) 9 Bulian.

 

Testimoni

Aplikasi otomasi perpustakaan ini menurut saya sangat bagus dan sangat baik. Terima kasih kepada pembuat aplikasi open source ini.

Dengan adanya aplikasi ini saya mudah belajar untuk mengolah dan merawat perpustakkan dengan baik. Terutama di sekolah kami SD Islam Islam Taqwa Pamulang. Alhamdulillah .. kami sudah meng-online-kan perpusSDI dan ini bisa dijalankan di perangkat apapun dan kapanpun.

 

Input Data Anggota Perpus

Pada postingan ini saya hanya berbagi pengalaman tentang cara import anggota secara massal di slims 9 Bulian. ini sebagai bahan catatan pribadi jikalau lupa dan semoga bermanfaat bagi para pembaca. amin.

 

Impor File cvs Sukses 100%

Alhamdulillah saya berhasil menginput anggota secara massal. Langsung saja berikut cara impor data anggota secara massal di aplikasi Slims 9 Bulian.

  1. Klik menu Keanggotaan -> Ekspor data anggota. Anda akan dirahkan untuk mendownload file csv. Tujuannya agar kita mengetahui format atau urutan tabel yang digunakan dalam penginputan anggota perpustakaan.
  2. Tentukan sparator atau pemisah antar kolom, saya biasa berhasil menggunakan sparator “;”. Jika sudah terlanjur diunduh maka untuk mengetahui sparator apa yang digunakan, klik kanan pada file cvs. dan open with dengan Notepad, nanti akan tampil sparator apa yang digunakan.
  3. Setelah berhasil mengunduh dan membuka hasil ekspor file csv. menggunakan aplikasi Ms Excel atau csv reader. Angka yang kelihatan error dan kurang beres itu ada pada kolom “Id anggota, nomor KTP, anggota sejak, tanggal regristasi dan tanggal lahir”. klik 2 kali saja atau perlebar kolom dengan mouse maka yang kelihatan error akan berubah menjadi angka normal. Nah .. kolom yang selalu salah dan tidak terbaca setelah di impor itu pada kolom “Anggota sejak, Tanggal regristasi dan Tanggal lahir.” karena menggunkan format date biasa yaitu 14/03/2001. format ini tidak cocok dan selalu tidak terbaca pada tanggal registrasi yang nantinya si anggota menjadi berstatus belum ter-registrasi.
  4. Masih dalam Aplikasi Ms Excel dan masih dalam format atau ekstensi csv. Seleksi atau blok kolom “Anggota sejak, Tanggal regristasi dan Tanggal lahir” -> Klik tooltip group Number pada Tab Menu Home ->maka akan muncul antar muka Format cell -> pilih menu Number -> pilih Date -> pada kolom Type arahkan mouse pada format date “2001-03-14“. Perhatikan gambar berikut:
  5. Klik OK -> kemudian Save menggunkan ekstensi csv.
  6. Silahkan import ke menu “Impor data anggota” insyaallah berhasil 100%.

Demikianlah cara impor data anggota dengan jumlah banyak pada aplikasi perpustakaan berbasis website Slims 9 Bulian. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Admin SDI At-Taqwa

Silahkan masuk untuk bisa menulis komentar.