SEKILAS INFO
29-07-2021
  • 1 bulan yang lalu / Keluarga Besar SD Islam At Taqwa mengucapkan Innalillahi wainnailahi rajiun turut berduka cita atas wafatnya Ibu Nur’aini, S.Ag guru PAI SD Islam At Taqwa Pamulang Semoga Allah Swt mengampuni dan mengasihinya amin..
  • 8 bulan yang lalu / SD Islam At Taqwa Pamulang menerima Pendaftaran Peserta Didik Baru dan Pindahan Tahun Pelajaran 2021-2022
  • 1 tahun yang lalu / Selamat datang di Website Resmi Sekolah Dasar Islam (SDI) At Taqwa Pamulang Tangerang Selatan
17
Nov 2020
20
Cara Mendapatkan No. UKG dan Daftar Akun SIM PKB Terbaru

Dalam rangka mengukur dan menyamakan standar seluruh tenaga pengajar di Indonesia, Kemendikbud membentuk sistem yang dinamakan SIM PKB. Apa itu SIM PKB? SIM PKB merupakan kepanjangan dari Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

 

Tujuan utama dari adanya program ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru dalam menjalankan fungsi dan tugas mereka. SIMPKB sendiri dapat digunakan untuk login Pretest dan Posttest PKB, Pretest PPG, cek SKTP dan cek hasil pretest PPG.

 

Untuk mencetak SIM PKB pertama-tama seorang guru sudah  terdaftar pada Aplikasi Dapodik, dan memiliki Nomor Peserta UKG.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cara Mendapatkan Nomor Peserta UKG

  1. Masuk ke situs https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/ klik tombol warna hijau yang bertuliskan “Pencarian data GTK”
  2. Anda akan diarahkan ke situs https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/ptk kemudian isi 3 kolom, yaitu : Nama GTK / No. Peserta UKG, Pilih Provinsi dan Pilih kota.  
  3. Copy “No. peserta UKG” yang akan menjadi syarat mendaftar dan mencetak SIM PKB

Registrasi Akun SIM PKB

  1. Kembali ke situs https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/ klik warna hijau “Registrasi Akun GTK”
  2. Isi no peserta UKG yang tadi di copy kemudian pastekan di kolom “Nomor Peserta UKG” dan masukan tanggal lahir pada kolom di bawahnya.
  3. Klik tombol rechapta yang menunjukan anda buka robot dan klik tombol “Register”. Perhatikan pesan pesetujuan sebelum mengeprint akun SIM PKB menyatakan bahwa :
“Anda akan melakukan cetak akun Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan secara mandiri. Harap dicetak atau disimpan (save as PDF) dengan baik. Bila Anda telah mengaktifkan akun ini maka tidak bisa lagi mencetak ulang akun Anda secara mandiri dari situs ini. Bila sewaktu-waktu Anda lupa akun maka dapat melakukan reset password melalui Admin PKB Dinas Pendidikan atau Ketua Komunitas KKG/MGMP atau Admin P4TK naungan Anda.”

4. klik tombol “setuju & Cetak”

Jangan lupa untuk simpan ke PDF agar data tersebut tidak hilang. Dari cara di atas dapat diketahui bahwa untuk mencetak Surat SIM PKB bukan hanya operator saja tetapi guru pun bisa mencetak sim PKB.

Sekian ulasan dari saya semoga artikel ini bermanfaat untuk para guru baru yang ingin sellau mencerdaskan anak bangsa. terima kasih telah berkunjung ke Website kami.

anonime, Selasa, 17 Nov 2020

trima kasih informasinya sangat membantu

Balas

Fransiskus Kabrahanubun, Minggu, 13 Des 2020

Saya guru honor sdh 15 tahun di pedalaman papua barat..dampai saat ini saya belum miliki nmr GTK daya mau daftar bsu tpi tdk dapat nmr..

Balas

tiar, Kamis, 7 Jan 2021

Assalamualaikum
selamat petang min, mau tanya kalo kasus nya seperti ini bagaimana min
“Akun Anda terdeteksi sudah pernah diaktifkan sebelumnya sehingga tidak bisa dicetak ulang melalui situs ini.

Bila Anda hendak mencetak ulang akun (reset password), silakan minta cetak ulang (reset password) ke Ketua Komunitas KKG/MGMP atau Admin PKB Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat atau Admin P4TK naungan Anda.”

saya juga lupa email yang saya daftarkan yang mana

mohon bantuannya min

saya juga di pamulang, tangsel min

Balas

    Admin SDI At-Taqwa, Selasa, 19 Jan 2021

    Waalaikumsalam, wr wb.. itu kasusnya seperti saya juga. hubungi Ketua KKG jika ketua KKG tidak dapt respon, maka hubungi Operator Diknas tangsel. lokasinya di gendung Kantor Wali KOta Tangsel (pak Nardi namanya).

    Balas

      Romlah, Rabu, 3 Feb 2021

      Bgmn kalau kita mengajar di sekolah yg berbeda SMP n SMA,, gmn untuk mndptkn no ukg untk SMP, n mendaftar simpkb,, smentra yg satuny kita sdh aktf simpkb

      Balas

        Anonim, Selasa, 20 Apr 2021

        setau saya ID password hanya satu saja untuk SIM PKB

        Balas

      NUR AFNI, Kamis, 25 Feb 2021

      SAYA JUGA SAMA MIN, ARTINYA SAYAPUN HRS MENGHUBUNGI DUA SUMBER DIATAS YAS? KRN JIKA TIDAK BISA PRINT, KITA TIDAK BISA BUKA KITA TIDAK AKAN TAHU ID DN PASWORD KITA…

      Balas

linda silviani pasaribu, Rabu, 13 Jan 2021

Trimakasi informasinya pak/bu. Informasinya sangat membantu

Balas

eva, Kamis, 14 Jan 2021

cara mendapatkan password jika lupa

Balas

Anonim, Sabtu, 23 Jan 2021

cara mendapatkan no ukg yang belom punya bgaimana….

Balas

Misna, Sabtu, 27 Feb 2021

Min mau tanya dong, saya guru bk, dan sudah terdaftar didapodik, tapi belu. Memiliki nomer ukg, dan dicari di daftar gtk gak muncul, kira kira gimana ya supaya dapet nomor ukg

Balas

    Anonim, Kamis, 11 Mar 2021

    IYAA SAMA BRO

    Balas

    Anonim, Rabu, 17 Mar 2021

    Iya sama kasus kita..mohon sharing kalau dapat petunjuk nya.. Sudah melapor k dinas terkait? Ap ada petunjuk dari situ?

    Balas

    Anonim, Selasa, 20 Apr 2021

    Silahkan hubungi OPSnya apakah nama anda sudah mengajar belum menjadi guru BK di aplikasi dapodiknya?

    Balas

Rosdiana, Senin, 22 Mar 2021

Saya mengajar di sekolah SD sdh 6 tahun,tapi setelah saya cek ke dinas nama saya tidak terdaftar di simpkb, tapi saya terdaftar di dapodik nya. bagaimana caranya agar saya bisa mendapatkan simpkb nya?

Balas

Dewi astuti, Kamis, 27 Mei 2021

Nomor ukg itu sendiri diperoleh ketika kita sudah jadi guru ya? Atau kita bisa mendapatkan nomor itu masuk ke situs resmi atau bagaimna ya mohon infonya?

Balas

Suhaimi, Selasa, 1 Jun 2021

Sy udah mengikuti tutorial yg diatas namun jawabannya data tidak ditemukan.memang sy blm punya nomor UKG dan SIM PKB.namun sy Sudah terdaftar di dapodik

Balas

Visitor

0032764
Hari ini : 37
Total Kunjungan : 32764
Hits Hari ini : 99
Total Hits : 89757
Who's Online : 2
Alamat IP anda: 18.204.48.69
× Pusat Informasi